Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Saturday, November 15, 2008

    Pegawai Virgo

    [Sabtu pagi kok malah ngomongin kerjaan. Yah, iseng-iseng lah sekalian nunggu nyokap selese ngaji sebelum berangkat lagi ke sinshe lagi siang ini. Batuk akut gue udah berkurang drastis sih, ngga ada malah. Hebat tuh sinshe, ramuan herbalnya manjur gila! Padahal gue udah tiga kali ke dokter, beda semua, tiga-tiganya ngasih resep antibiotik, dan ga ada yang mempan. Akhirnya pake pengobatan alternatif dan sembuh (Insha Allah, gue ngga mau nge-jinx neh). Yah, rencananya sih ke sinshe mo ngambil ramuannya lagi, at least buat seminggu lagi deh, mungkin aja kan belum sembuh bener. Sekalian di-akupunktur lagi buat cedera pinggang gue dua minggu yang lalu. Itu juga mendingan banget sekarang, gue rekomendasi deh buat sinshe-nya.

    Anyway, gue pernah dikirimin email nih ama temen kantor gue. Biasa lah, kan sering kedapetan tuh, either email kaleng, humor, gosip, game, berita, ato isengan kaya gini. Yah, boleh lah kita kupas dikit mengenai kinerja pegawai berdasarkan zodiaknya ini. Aslinya diambil dari blog Yunianto Tri Atmojo. Mari kita baca dulu.]

    Dalam situasi yang tepat, Virgo akan suka bekerja. Mereka akan dapat menjadi pegawai ideal, dengan bahagia mau bekerja sampai malam dan memastikan semuanya berjalan sempurna. Jika anda mencari pegawai yang tidak keberatan untuk memulai segala sesuatunya dari posisi terendah, maka carilah pegawai Virgo.

    Mereka tidak akan pernah mengeluh mengenai posisi. Mereka merasa cukup dengan pekerjaan dasar dan jujur. Tetapi perasaan cukup ini tidak selalu nampak. Mereka sangat cerewet dan cenderung mudah kuatir. Mereka cepat mengkritik mengenai cara melakukan sesuatu di kantor. Mereka adalah orang pertama yang akan segera menunjukkan sikap tidak setuju mengenai apa yang mereka anggap sikap extravagant atau kemalasan.

    Mereka tidak suka menusuk, jujur dan tidak suka bertele-tele mengenai apa yang mereka anggap kurang benar. Biasanya hal ini akan ditumpahkan kepada mereka yang melakukan pekerjaan yang ’setengah matang’ atau orang yang tidak memperhatikan rekan kerja yang lain.

    Anda harus terus-menerus meyakinkan mereka, tetapi hal ini hanya akan sedikit menahan keresahan mereka. Mereka sebenarnya menikmati untuk merasa kuatir, dan anda tidak akan bisa banyak melakukan sesuatu tentang hal ini. Anda cukup memberikan proyek detil dan membiarkan mereka bekerja sendiri. Anda tidak perlu mengawasi seorang Virgo dalam bekerja. Mereka akan mencari semua fakta sebelum mulai dan akan segera mengetahui semua kesalahannya ketika mereka selesai. Untuk menjaga kebetahan mereka bekerja, anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan, agar tetap teduh dan rapi. Anda juga perlu memberikan tanda-tanda penghargaan, walaupun kecil untuk mereka.

    Mereka tidak butuh sesuatu yang mewah, cukup untuk memberikan penghargaan kecil yang tidak perlu sampai membuat mereka memerah malu. Mungkin mereka akan menghela napas dan hanya mengatakan "Ah, nggak ada apa-apanya kok." Tetapi didalam hati mereka membutuhkan pujian kecil seperti ini.

    [Sebentar, garis bawahi dulu situasi yang tepat. Oke, banyak benernya nih menurut gue sebagai pegawai berzodiak Virgo. Virgo kayanya terkenal perfeksionis ya? Di sini juga dibilang begitu, pegawai Virgo bersedia untuk menjadi workaholic demi "kesempurnaan" kerjaan. Asal instruksinya bener dan lengkap, pegawai Virgo sih udah bisa jalan sendiri. Cuman ya itu, karena perfeksionis jadi gampang panikan, constantly anxious. Kesannya kaya kerjaannya itu masih salah, masih bisa dibenerin lagi, masih ada yang kurang lah.. etc, etc. Tapi apa iya sih emang bawaan?

    Terus, apresiasi kerja emang perlu banget sih. Sebagai pegawai Virgo, gue mengakui adanya harapan-harapan apresiasi kerja setelah ngerjain suatu proyek. Biasanya cukup dengan pujian kecil udah oke sih. Dan kayanya bos gue yang sekarang kaya gitu orangnya. Well, ngga ke gue doang sih, ke semuanya juga gitu. So, yah, oke sih nih "ramalan". Banyak kenanya. Anyway, nyokap dah dateng nih, berangkat dulu ya...]

    No comments: